Bahas 19 Pilkada NasDem Jatim Gelar Rakorda

0

SURABAYA, JATIM (29 Juni): Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 19 Kabupaten/Kota maupun provinsi di Jawa Timur (Jatim) 2018 mendatang, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Jatim bersiap mengadakan pertemuan untuk membahas pilkada tersebut.

Ketua Bappilu NasDem Jatim, Muzammil Syafi’i mengatakan, pihaknya ingin memastikan bahwa proses pemilihan kandidat yang akan didukung NasDem berjalan demokratis dan sesuai dengan kehendak anggota.

“Konsolidasi tersebut dilakukan untuk meninjau kesiapan masing-masing daerah yang menyelenggarakan pilkada sekaligus menyerap aspirasi anggota tentang figur yang diinginkan untuk didukung pada pilkada mendatang,” ujar Muzammil, Rabu (28/06).

Muzammil juga mengatakan, rencananya Rakorda tersebut akan dilaksanakan pada awal Juli ini.

“Kami akan mengundang perwakilan dari masing-masing daerah pasca lebaran ketupat atau sekitar tanggal 10 Syawal ini,” ujar Muzamil.

Khusus untuk pilkada provinsi, anggota Komisi A DPRD Jatim ini menjelaskan bahwa pada Rakorda tersebut NasDem akan mengerucutkan satu dari dua nama yang saat ini sudah ada. Yakni, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawasa (Khofifah).

“Kami tegaskan NasDem untuk pilkada Jatim tak akan membuka pendaftaran calon gubernur. Namun, proses penjaringan tetap dilakukan. Kami fokus untuk dua nama yang telah direkomendasikan DPP tersebut,” katanya.

Tak hanya soal figur yang akan didukung, NasDem juga akan memilih partai yang akan diajak koalisi.

“Saat ini komunikasi dengan beberapa partai lain terus berjalan. Namun, kami akan matangkan proses konsolidasinya saat Rakorda tersebut,” tegas pria yang juga menjabat ketua fraksi NasDem di DPRD Jatim ini.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: