NasDem Apresiasi Kenaikan Dana Parpol

0

JAKARTA (5 Juli): Wakil Ketua Fraksi NasDem, Johnny G Plate, mengatakan, NasDem menyambut baik rencana pemerintah menaikkan dana bantuan partai politik (Parpol) dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara.

Menurut politisi NasDem itu, upaya tersebut sudah ada kenaikan dana bantuan parpol yang cukup besar atau sekitar 10 kali lipat. Namun demikian, jika dilihat dari kebutuhan menjalankan operasional sebuah parpol yang modern, anggaran itu masih tergolong kecil.

“NasDem menyambut baik rencana kenaikan dana bantuan partai yang cukup besar. Tetapi jika dilihat dari anggaran kebutuhan menjalankan sebuah partai modern, tentunya masih belum ada apa-apanya,” ujar Johny Plate, dalam acara Prime Time News di Metrotv, Rabu (5/7).

Legislator asal NTT ini juga menyebutkan, niat baik pemerintah tersebut tetap patut diapresiasi. Mengingat, selama ini parpol memang tidak bisa mengandalkan iuran dari anggotanya.

“Mencari anggota partai saja setengah mati, apalagi nanti disuruh iuran. Parpol selama ini memang harus berpikir keras bagaimana mencukupi dana operasionalnya. Apalagi Partai NasDem yang tidak mengenal politik mahar,” ucap Plate.

Oleh karena itu, kenaikan dana parpol sebesar 10 kali lipat pun hampir dapat dipastikan tidak ada jaminan parpol tersebut akan bekerja secara independen.

“Masyarakat perlu diajak berpikir logis terkait bagaimana sebuah partai politik dapat menjalankan kegiatannya yang tergolong high cost. Namun tentunya jika disetujui, dana bantuan partai sedikit banyak dapat membantu kami dalam menjalankan fungsinya,” ungkap Plate.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: