Mustafa Berbaur Lestarikan Budaya

0

LAMPUNG (10 Juli): Upaya menjaga dan pelestarian budaya terus dilakukan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa. Bersama ribuan masyarakat Bali, Jawa dan Lampung. Orang nomor satu di Lampung Tengah ini larut dalam acara adat yang digelar masing-masing suku.

Acara perdana, bupati ronda ini hadir di gelaran adat Bali di Kampung Darma Agung Kecamatan Seputih Mataram, Minggu, (09/07). Bersama sekitar 5 ribuan umat sedarma, Mustafa menghadiri ritual Pujawali, tradisi rutin tahunan yang dilakukan umat Hindu dalam menyambut munculnya bulan purnama.

Mustafa disambut ribuan masyarakat Bali setempat. Pada kesempatan itu, Mustafa juga sempat diberi air suci oleh pendeta Ida Pedande Nyoman Burwan didampingi resi dari Tulangbawang.

Dalam sambutannya pasangan dari Loekman Djojosoemarto ini berharap agar masyarakat agar lebih mencintai adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Lampung Tengah.

“Jangan jadikan perbedaan sebagai pemecah belah masyarakat. Sebaliknya perbedaan adalah senjata untuk mempererat persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Menurut Ketua DPW NasDem ini, kekayaan Lamteng bukan dari segi pertaniannya saja. Tapi kebudayaan juga adalah kekayaan. Dia meminta kepada masyarakat, terutama tokoh agar tetap menjaga kelestarian budaya yang ada di Lampung Tengah.

“Mari kita jaga kekayaan budaya kita. Kemajuan daerah akan cepat terlaksana ketika kebudayaan ikut bergerak mengawal pembangunan. Dengan budaya, kita akan dikenal secara luas,” tekannya.

Kegiatan Pujawali dilanjutkan Bupati Mustafa ke Kampung Banjar Agung Kecamatan Seputih Mataram. Disini Mustafa disambut ratusan masyarakat setempat yang memainkan kesenian Jawa kuda lumping.

Tanpa lelah calon Gubernur Lampung usungan Partai NasDem ini menyapa satu per satu warga. Ia bahkan membaur bersama para penari kuda lumping dan menari bersama. Kepada warga, Mustafa menyatakan kebanggannya bisa menjadi bagian dari kekayaan budaya yang ada di Lampung Tengah.

“Saya bangga sekali bisa menjadi bagian dari kekayaan budaya di sini. Sebagai miniaturnya Indonesia, Lampung Tengah kaya akan budaya.  Ini harus kita lestarikan, jangan sampai budaya yang kita miliki tergerus karena ketidakpedulian kita,” ujarnya.

Gelaran budaya masih dilanjutkan Bupati Mustafa ke Kampung Terbanggiagung, Kecamatan Gunungsugih menghadiri acara begawi adat Lampung. Begawi dilaksanakan dalam rangka pemberian gelar adat kepada sejumlah tokoh masyarakat Lampung.(*)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: