Survei SMRC sebut Emil Paling Didukung

0

JAKARTA (14 Juli): Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait peluang tokoh merebut dukungan di Pilkada Jawa Barat 2018. Berdasarkan hasil survei itu diketahui dukungan untuk Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil, paling tinggi.

SMRC melakukan survei pada awal hingga pertengahan Juni terhadap 820 warga Jawa Barat yang memiliki hak pilih dengan teknik multistage random sampling. Margin of error survei kali ini sebesar 3,5%.

“Sampai bulan Juni, Ridwan Kamil masih jauh mengungguli nama-nama lain. Dukungannya berkisar 13,1% – 71.7% di berbagai metode,” kata peneliti SMRC, Deni Irvani, di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/07).

Ia menjelaskan dalam metode top of mind, responden diminta menyebutkan pilihan mereka secara bebas tanpa diberi daftar pilihan nama, Ridwan Kamil memperoleh dukungan sebanyak 13,1%, mengungguli Dedi Mulyadi yang memperoleh 3,4% di posisi kedua.
Dalam metode simulasi semi terbuka, responden diberi pilihan 28 nama, antara lain Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Rieke Diah Pitaloka, dan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Dukungan terhadap Ridwan Kamil justru  menguat atau sebesar 31,4%.

“Dukungan terhadap Ridwan Kamil semakin terlihat ketika menggunakan metode head to head, hanya ada dua calon yang ditawarkan. Ridwan Kamil memperoleh 49,5% mengalahkan Deddy Mizwar yang hanya memperoleh 36,8%,” lanjut Deni.

Dukungan terhadap Ridwan Kamil unggul jauh sebesar 57,7 persen jika melawan Dedi Mulyadi yang hanya memperoleh 22,2 persen. Jika diadu dengan Aa Gym, Ridwan Kamil memperoleh dukungan 60,8%.

Meski demikian, Deni menyebut gambaran dukungan dalam survei ini masih sangat cair, karena masih banyak responden yang tidak tahu atau merahasiakan pilihan mereka.

“Pilkadanya masih satu tahun lagi, perubahan masih bisa terjadi. Dalam metode top of mind, 74% responden menjawab tidak tahu atau rahasia. Ini masih terbuka untuk calon-calon lain,” tutup Deni.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: