Tanpa Mahar Diminati Banyak Kandidat

0

PARIGI MOUTONG, SULTENG, (15 Juli): Hingga hari ke 4 sejak dibukanya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 10 Juli lalu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partain NasDem Parigi Moutong telah menerima 13 pendaftar bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

“Dari hari pertama pendaftaran sampai dengan hari ini, jumlah bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar sebanyak 13 orang. Terdiri dari 9 orang calon bupati dan 4 orang calon wakil bupati, satu diantaranya perempuan,” ujar Eddy Kartiano, Sekretaris DPD Partai NasDem Parigi Moutong di sela-sela kesibukan menerima pendaftaran di sekterariat pendaftaran Kantor DPD Partai NasDem Parigi Moutong, Jumat (14/07).

Eddy menguraikan, kesembilan bakal calon yang mendaftar hingga hari ke 4 masing-masing Samsul Rizal Tombolotutu, Erwin Burase, Saiful Bahri SH, Abdul Haris Lasimpara, Moh Fahri L ST, Anwar H Saing, Safriansyah, Ir. Hazaini Paudi dan Isram Said Lolo.

Sedangka bakal calon wakil bupati masing-masing, Badrun Nggai, Andi Rahma, Ali Abdul Latif atau biasa dikenal dengan nama Ali Sulteng dan Saadon B Lawira.

“Jumlah ini akan terus bertambah, hingga penutupan pendaftaran pada akhir bulan ini. Antusias para bakal calon ini salah satunya dipicu oleh politik tanpa mahar yang dipraktekan partai ini”, lanjut mantan aktivis mahasiswa 1998 itu.

Lebih jauh Eddy juga menegaskan, politik tanpa mahar ini dimaksudkan, bukan hanya sekedar tidak memungut biaya dari para bakal calon, tapi dimaksudkan agar politik berbiaya mahal itu dapat dihindari, atau jika perlu ditiadakan. Agar figur terbaik dapat benar-benar terseleksi. Politik berbiaya mahal inilah salah satu pemicu terjadinya tindak pidana korupsi yang marak terjadi akhir-akhir ini.

“Karena itu, Saya kembali mengingatkan agar para bakal calon untuk tidak perlu khawatir. Siapapun yang terbaik pasti akan terpilih. Karena itu, setelah proses pendaftaran berakhir, selanjutnya partai akan melakukan survei untuk keperluan menghimpun keinginan dan penilaian masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong terhadap bakal calon,” pungkas Eddy.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: