Jalur Independent hanya Jaga-jaga

0

BANDUNG, JABAR (18 Juli): Kalaupun Ridwan Kamil akan maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat 2018 melalui jalur independent, NasDem tidak akan mempersoalkannya.  Bahkan Partai NasDem tetap akan membantu Ridwan Kamil memenangkan pemilihan nanti.

“Kalau NasDem tidak mempersoalkan lewat jalur independen. Bahkan kita juga termasuk yang menyiapkan juga. Dalam arti kalau independen kita akan sama-sama menyiapkan KTP,” ujar Ketua DPW NasDem Jabar, San Mustofa, Selasa (18/07).

Hingga saat ini, Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa, baru mendapat dukungan secara resmi dari Partai NasDem.  Sayangnya NasDem sendiri baru memiliki lima kursi sehingga harus menjalin koalisi dengan partai lain untuk memenuhi kekurangan 20 kursi legislatif sebagai sarat agar bisa mengusung pasangan calon.

Saan mengaku telah mendiskusikan jalur independen ini dengan Ridwan Kamil. Opsi independen diambil bila dukungan partai tidak mencukup untuk mengusung pasangan calon.

“Pernah diskusi juga dengan Kang Emil dan teman-teman. Tapi tetap prioritas kita sekarang mencari (tambahan) partai,” ujarnya.
Lebih jauh Saan juga menjelaskan, waktu masih cukup panjang untuk mencari tambahan dukungan dari partai lain agar bisa mengusung Ridwan Kamil. Proses pendaftaran saja diperkirakan dimulai Januari tahun depan.

“Sekarang proses masih panjang, masih lama. Pendaftaran ke KPU itu kan sekitar bulan Januari atau Februari. Jadi masih banyak waktu untuk mendapat (dukungan tambahan) partai. Tapi untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya (menyiapkan opsi independen),” ucapnya.
Namun demikian NasDem tetap optimistis akan mendapat tambahan dukungan partai untuk mengusung Ridwan Kamil. Apalagi PPP tinggal selangkah lagi bersama-sama NasDem mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018.

“Jadi saya sih optimistis bahwa Kang Emil akan mendapat (tambahan dukungan) Partai. Kita juga terus melakukan pendekatan-pendekatan dengan partai lain,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: