Empat Pilar Kebangsaan Penting Bagi Kawula Muda

0

PURBALINGGA, JATENG (24 Juli): Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi NasDem, Amelia Anggraeni menyebut bahwa Empat Pilar Kebangsaan penting bagi kawula muda.

“Apalagi saat ini, isu tentang toleransi dan kebinekaan kembali hangat diperbincangkan,” jelas Amelia saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Aula SMK Karya Bhakti Purbalingga, Minggu, (23/07).

Anggota Komisi IX DPR RI pun memaparkan, Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-undang Dasar negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pondasi utama keutuhan Indonesia.

“Untuk kalangan pemuda yang menjadi generasi penerus sehingga mereka paham apa yang menjadi pegangan mereka saat bermasyarakat dan bernegara,” jelas Amelia.

Lebih jauh legislator NasDem dari Jawa Tengah VII ini menegaskan, Pancasila sebagai penangkal ideologi komunisme dan radikalisme merupakan intelligent choice karena mengatasi keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan.

“Penetapan Pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan (indifferentism), tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam seloka Bhinneka Tunggal Ika,” tekan Amelia.(*)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: