NasDem Pasuruan Banjir Pertanyaan Syarat Pendaftaran Cabup

0

PASURUAN, JATIM (17 September): Sejak diumumkan pembukaan Penjaringan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan, Call Center NasDem Pasuruan, dibanjiri penelphone yang menanyakan syarat pendaftaran Bakal Calon Bupati Pasuruan. Selain menanyakan prasyarat administrasi, sejumlah tokoh juga telah dijadwalkan  untuk memperoleh formulir pendaftaran sebagai cabup-cawabup.

Ketua NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono mengatakan, saat ini telah mencatat sejumlah nama baik tokoh politik terkemuka hingga kader internal NasDem.

“Call center ramai berdering, umumnya menanyakan syarat. Kami juga sudah mengatur jadwal tokoh-tokoh yang mau mengambil formulir,” ujar Joko, di Kantor DPD NasDem Pasuruan, Sabtu (16/09).

Lebih jauh Anggota DPRD dari Fraksi NasDem Kabupaten Pasuruan ini juga mengatakan, proses penjaringan merupakan bagian dari ikhtiar mencari sosok pengemban amanat dan visi misi NasDem yang dijunjung selama ini. Tokoh-tokoh politik potensial berpeluang mendapatkan rekomendasi.

“Kami berkomitmen memberikan ruang kepada calon-calon pemimpin baik tokoh luar partai maupun kader partai, siapapun itu. Yang utama mereka harus mampu membawa visi misi partai, untuk Pasuruan yang lebih baik,” paparnya.

Ada beberapa hal, termasuk bagian kriteria, untuk diperhatikan bagi para bakal calon yang menginginkan rekomendasi atau dukungan dari Partai NasDem. Secara umum dikatakan, seorang calon sepatutnya memiliki integritas selain kecakapan dalam tata kelola pemerintahan sebuah daerah.

“Prinsipnya memiliki kemampuan dan integritas, mumpuni dalam manajerial pemerintahan. Dan juga harus diingat memiliki kemampuan modal,” ujar Joko.

Kemampuan modal dianggap sebagai satu kriteria, karena kegiatan politik terutama dalam Pilkada membutuhkan biaya yang tidak murah.

Meskipun memastikan Partai NasDem berprinsip Politik Tanpa Mahar, namun kekuatan modal dan logistik calon dapat dipadukan dengan instrumen yang dimiliki partai, sehingga saling sokong.

Dilanjutkan oleh Joko, sampai saat ini komunikasi politik lintas partai makin intens dilakukan. Penggalangan kekuatan menjelang agenda politik perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Pasuruan itu, dianggap sebagai sebuah keharusan.

Sekedar diketahui NasDem mendudukkan 6 wakilnya di DPRD Kabupaten Pasuruan. Jika dimungkinkan untuk maju dalam Pilkada mendatang, NasDem harus mendapatkan tambahan sokongan 4 kursi lagi dari partai lain, hingga tercapai 10 kursi dari ketentuan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan periode 2018-2023.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: