Gias Dorong RSUD DKI Jakarta Tingkatkan Pelayanan
Getting your Trinity Audio player ready...
|
JAKARTA (6 Mei): Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai NasDem, Gias Kumari Putra, mendorong agar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta meningkatkan sistem pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Dia mengaku mendapat banyak laporan keluhan dari masyarakat terkait prosedur BPJS Kesehatan, terutama pada pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD.
“Terakhir, saya menerima keluhan bahwa pasien yang masuk IGD dan dirawat, tiba-tiba disuruh membayar. Nanti saya kasih tahu pasiennya siapa dan diagnosanya apa,” ujar Gias, saat rapat evaluasi kinerja RSUD DKI dan sejumlah mitra lainnya untuk tahun anggaran 2024 dan tahun berjalan di Ruang Rapat Komisi C DPRD Jakarta, Senin (5/5/2025).
Gias menegaskan persoalan tersebut seharusnya tidak semata-mata dibebankan kepada pihak rumah sakit. Oleh karena itu, ia menyarankan agar dalam rapat mendatang, pihak BPJS Kesehatan turut diundang untuk memberikan penjelasan langsung guna mencari solusi bersama.
“Rapat berikutnya mungkin dari pihak BPJS Kesehatan dapat dihadirkan, supaya dirut rumah sakit tidak disalahkan terus. Karena kadang jam satu malam kita telpon Dirutnya, langsung diangkat. Dimintai tolong juga langsung dilaksanakan. Tapi itu kalau dewan yang telpon. Kalau masyarakat? Masih susah,” jelasnya.
Lebih lanjut, Gias mendorong agar pelayanan di RSUD yang berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), terus ditingkatkan demi memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat.
“Saya berharap pelayanan terus ditingkatkan. Yang baik menjadi lebih baik, yang bagus jadi lebih bagus. Rumah sakit BLUD ini kan sudah bagus, tinggal bagaimana membangun dan memperbaiki pelayanannya menjadi lebih maksimal,” tutup Gias.
(FM/WH/KL)