Legislator NasDem Papua Fasilitasi Rapid Test Gratis

Legislator NasDem Papua Fasilitasi Rapid Test Gratis

  • 11 Juni 2020
  • 22

JAYAPURA (8 Juni): Anggota DPR Papua (DPRP) dari Fraksi Partai NasDem, Fauzun Nihayah yang juga Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman L Hamzah mengakomodasi beberapa masyarakat Merauke, Boven Digoel dan Mappi, Papua, yang terkena lockdown akibat Covid-19 untuk dilakukan rapid test sebelum pulang ke daerah mereka masing-masing, Sabtu (6/6).

Rapid test menjadi salah satu syarat sebelum melakukan penerbangan kembali ke daerah mereka. Fauzun mengungkapkan, masyarakat antusias mendatangi posko rapid test untuk melakukan test secara gratis. Kegiatan tersebut dilakukan di depan Rumah Aspirasi anggota DPR RI H Sulaeman L Hamzah, dari Fraksi NasDem dapil Papua. 

Dalam sambutannya Fauzun menyampaikan salam dari Sulaeman L Hamzah karena ada kegiatan lain sehingga tidak bisa hadir. Rapit test gratis tersebut juga berkat support Sulaeman Hamzah.  

“Kegiatan rapid test ini diadakan secara gratis untuk masyarakat di dapil saya di wilayah Anim Ha, sesuai aspirasi yang kami terima. Kebetulan saya juga sebagai Sekretaris Komisi V DPRP yang membidangi kesehatan. Untuk itu saya langsung membuat surat ke Satgas Covid-19 untuk bisa memberikan pelayanan rapit test gratis ke masyarakat," papar Fauzun. 

Menurut Legislator NasDem dari wilayah Papua Selatan itu, dirinya langsung turun menjemput masyarakat di beberapa titik di Kota Jayapura. Ada beberapa masyarakat difasilitasi untuk mencarter kendaraan agar datang melakukan rapid test.  

Untuk rapid test gratis ini, jelas Fauzun, warga masyarakat yang ikut mencapai kurang lebih 90 orang. Padahal Satgas Covid-19 Provinsi telah menyiapkan 100 rapit test.

Sulaeman Hamzah saat dihubungi mengatakan ikut prihatin atas kondisi wabah Covid-19 yang berdampak pada masyarakat karena tidak ada penerbangan sehinggga mereka belum bisa kembali ke daerah masing-masing. Sulaeman juga menjelaskan bahwa Rumah Aspirasi hanya memfasilitasi masyarakat untuk melakukan rapid rest. Selanjutnya untuk kepulangan dapat koordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing.

“Hal ini saya dan ibu Fauzun lakukan sesuai aspirasi masyarakat. Saat saya dihubungi Direktur Rumah Aspirasi sekaligus anggota DPR Papua Ibu Fauzun saya bilang silahkan ditindaklanjuti. Karena yang mengadu kebanyakan masyarakat dari wilayah Anim Ha. Ibu Fuzun dari dapil tersebut langsung urus dengan cepat dan sudah tepat karena beliau di Komisi Kesehatan jadi bermitra dengan Satgas Covid-19 pastinya," papar Sulaeman. 

Salah seorang warga masyarakat Merauke yang melakukan rapid test, Antonius Wanggae, mengakui dirinya tidak dipungut biaya saat melakukan rapid test, bahkan disediakan makan siang dan jamuan. 

“Kami tidak dipungut biaya dalam melakukan rapid test. Bahkan ada beberapa yang langsung dijemput dan difasilitasi untuk mencarter transportasi. Bukan hanya itu, di sana kami disediakan makan oleh ibu Fauzun,” ungkap Antonius. 

Antonius mengucapkan terima kasih kepada Sulaeman Hamzah dan Fauzun yang telah memfasilitasi baik alat transportasi, rapid test gratis dan fasilitas lain yang diberikan.

“Saya sangat berterima kasih atas ketulusan dan komitmen wakil rakyat kami dari NasDem atas bantuannya ke kami,” katanya penuh semangat. (RO/*)
,