Opini Detail

Rumah Konsolidasi Gagasan

Rumah Konsolidasi Gagasan

  • 12 Maret 2021
  • 205

Oleh Andika, Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam DPW Partai NasDem Sulteng 


“APA identitas Partai NasDem?”

“NasDem adalah Partai Gagasan”. 

Tepatnya konsolidasi gagasan. NasDem sedari awal mendapuk diri sebagai rumah tempat bersemayam pikiran-pikiran bernas bagi kemajuan demokrasi politik dan ekonomi. Politik tanpa mahar, salah satu bentuk nyatanya. 

Tidak ada kader yang darahnya biru. Kalau ada yang merasa “ningrat” restorasi, itu karena kekurangan pengetahuannya saja tentang NasDem. Semua keputusan NasDem diambil dari proses dialog berkepanjangan, baik lewat diskusi terbatas, maupun hasil-hasil riset berbasis ilmu pengetahuan. 

Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menegaskan bahwa NasDem tumbuh dan eksis oleh konsolidasi gagasan yang tidak berkesudahan. Setiap detail dan proses kebijakan di Tanah Air adalah medan pertempuran bagi NasDem. 

Di sanalah, esensi kehadiran NasDem. Bahwa ia mampu memberikan garis tegas sikap politik dan sumbangannya terhadap pengambilan keputusan. Salah satu gagasan yang di kawal NasDem adalah Omnibus Law Cipta Kerja. Walaupun rancangan undang-undang itu melahirkan pro dan kontra, NasDem tegas turut mengawal dan membobotinya demi kepentingan rakyat. 


Semua Kader Punya Kesempatan 

Kesetaraan pengetahuan mengemuka sebagai wacana saat perhelatan Rakornassus belum lama ini. Rakornassus itu juga merupakan kelanjutan dari konsolidasi gagasan bahwa NasDem menyiapkan iklim organisasi dan perangkat instrumen moderen guna menampung inovasi dan pengembangan kapasitas kader. 

Kesetaraan kader itu mewujud dalam partai digital, di mana setiap warga negara punya kesempatan menjadi bagian dari Gerakan Restorasi. Bahkan caranya mudah sekali, cukup mendaftarkan diri secara online. 

Langkah ini merupakan upaya untuk meneguhkan konsolidasi gagasan dan memperluas wilayah edarnya. Konsistensi NasDem sebagai rumah konsolidasi gagasan menjadi kunci dari tahap demi tahap keberhasilan yang dicapai. 

Walaupun pemilu masih jauh, tanda-tanda sebagai partai yang matang dalam konsolidasi gagasan membuat NasDem menjadi terdepan dalam mempersiapkan pemilu substantif bagi rakyat. 

Gagasan Konvensi Calon Presiden adalah lembaran berikutnya dari sebuah konsistensi menjadi pengampuh politik gagasan dalam demokrasi yang kita anut. 

Menjadi bagian dari konsolidasi gagasan Partai NasDem adalah kesempatan menjadikan setiap kader setara dalam pengetahuan. Derajatnya ditimbang oleh tindakan dan aksi-aksi praktis.[*]

,