Sosok Detail

Ajeng Mantab Pakai Nama Kartika Ayuningtyas

Ajeng Mantab Pakai Nama Kartika Ayuningtyas

  • 22 Oktober 2018
  • 750

JAKARTA (3 september) : Memasuki dunia baru membuat langkah dan suasana juga baru. Artis film dan sinetron Ajeng Kartika juga demikian. Setelah malang melintang di dunia intertaimen kini mulai menapaki dunia baru yakni politik setelah dengan hati bulat bergabung dengan Partai NasDem. Dia menjadi calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI untuk Dapil 1 Jawa Tengah.


Di dunia baru ini, tidak hanya penampilan dan kehidupannya yang berubah, artis yang telah banyak membintangi film baik layar lebar, sinetron maupun FTV, kini kembali kepada masa lalunya dengan menggunakan nama lahir yang juga sesuai tercantum dalam surat suara nantinya yakni Kartika Ayuningtyas.


Nama Kartika Ayuningtyas memang tidak sepopuler Ajeng saat menjadi artis, namun nama itu melekat pada dirinya baik dalam surat menyurat maupun urusan administrasi diri, selain tentunya mengandung doa yang baik dari orang tua yang telah memberikan nama itu.


“Nama Ajeng sendiri adalah panggilan dari orang tua kepada anak perempuannya, hanya tidak tertulis di akte kelahiran dan surat-surat penting lainnya seperti ijazah,” kata Kartika Ayuningtyas yang lahir pada 21 November 1984.

Kembali ke nama sesuai nama lahir, lanjut Kartika, ini untuk memantapkan diri terjun ke dunia politik juga disesuaikan dengan nama yang tertera di surat suara nantinya, sehingga para penggemar dan pemilih tidak akan keliru atau salah ketika mencoblos caleg nomor 4 Partai NasDem di Dapil 1 Jawa Tengah.


Mengawali karier di ajang Wajah Femina tahun 2005 dan terpilih menjadi juara favorit, Kartika Ayuningtyas kemudian berkesempatan merambah dunia film dan ikut bermain di Sinetron Cinta Fitri kemudian dilanjutkan sinetron lain seperti Bayu Cinta Luna dan Langit dan Bumi.


Tidak hanya itu, artis dan presenter Kartika juga telah puluhan kali bermain di puluhan judul di film televisi mengharapkan dapat memperoleh dukungan untuk bisa terpilih menjadi anggota legislatif agar dapat memperjuangkan aspirasi warga untuk kemajuan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Langkah menuju ke legislatif, telah ditunjukan dengan banyak bersilaturahmi dengan para ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan bahkan langsung menyambangi warga di Pasar Johar Kota Semarang untuk mendengar langsung aspirasi dan keinginan warga di Dapil 1 Jawa Tengah ini.


“Setelah 13 tahun saya berkecimpung di dunia entertainment dan sudah banyak menghibur dan mengedukasi publik, kini saya ingin lebih dari itu yakni bermanfaat untuk rakyat,” ujar Kartika Ayuningtyas.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk bergabung dengan parpol. Tetapi ketika mendapatkan tawaran dari Partai NasDem langsung diambil, karena ini kesempatan untuk dapat lebih bermanfaat secara langsung membantu rakyat.


Pilihan ke Partai NasDem, menurut Kartika, karena tertarik dengan politik tanpa mahar, sehingga siapapun politikus yang maju tidak terbeban biaya politik yang harus  dibayar mahal.


Disadari atau tidak, demikian Kartika, berbagai tindak pidana korupsi juga terkait dengan pembiayaan politik yang besar. “Jadi dalam bayangan saya, jika biaya politik itu murah dan tidak ada mahar, maka dorongan politisi untuk melakukan tindak pelanggaran hukum seperti korupsi akan dapat ditekan,” tambahnya.


Menariknya lagi, bergabung dengan NasDem,  para kader dibekali dengan banyak hal seperti pendidikan dan pelatihan juga bimbingan dari para senior, sehingga menambah ilmu dengan bekal percaya diri yang cukup akan menjadi kader dan politisi yang berkualitas.(*)