Prananda: Kalau mau Cari Uang Jangan Berpolitik

0

SAMARINDA (8 Oktober): Di hari ke dua Experience Exchange Political Management Training  for Young Progressives, menghadirkan Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Prananda Surya Paloh.  Nanda, begitu dia akrab disapa mengusung topik Political Management.

Acara yang digagas bersama Garda Pemuda NasDem dan Socdem Asia, Network for Social Democracy in Asia dan dilangsungkan selama dua hari, 7-8 Oktober di Senyiur Hotels and Resort, Samarinda, Kalimantan Timur.

“Ada beberapa masalah partai sebagai alat mobilisasi politik di Indonesia, kurangnya kualitias, kuantitas dan identitas kepartaian. Dikotomi partai nasionalis dan relijius seringkali memudarkan garis ideologi partai,” demikian ungkap Nanda di Samarinda, Sabtu (8/10).

Pandangan ini tentu mengacu pada fakta-fakta yang terbaca jelas di peta politik Indonesia.  Oleh karena itu, NasDem yang lahir dengan mengusung politik gagasan dan mempunyai agenda perubahan restorasi Indonesia, menjadi angin segar bagi peta politik di Indonesia itu sendiri.

samarinda-nanda“Kita coba menawarkan hal baru dengan NasDem Way, dimana pelatihan kader, hierarki organisasi, meritokrasi, dan identitas partai (Restorasi Indonesia) menjadi cara kita berpolitik,” papar Nanda.

Lebih jauh anggota Komisi I DPR RI itu juga menambahkan, bawah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dibutuhkan untuk mendekatkan diri secara langsung melalui berbagai gerakan sosial, budaya, ekonomi, dan kreativitas untuk terus mengeksplorasi isu.

“Sinisme masyarakat terhadap politik tentu wajar, karena memang keadaan pejabat publik kita masih kurang dapat dipercaya, namun kita tidak bisa terus tinggal diam. Kalau kita punya idealisme yang memang ingin kita perjuangkan kita harus kuat iman  terhadap berbagai ujian dan cobaan sistem yang sedang berlaku saat ini. Saya juga merasakan godaan-godaan yang kerap mengganggu kita untuk tetap berjalan lurus, namun yang penting hati dan tujuan kita itu apa? Kalau berpolitik kan artinya public services, kita mengabdi kepada rakyat, kalau mau cari uang ya jangan berpolitik, jadi wirausaha, jelas memang itu tujuannya,” tegas Nanda.

Gelaran Experience Exchange Political Management Training  for Young Progressives hari ini merupakan hari ke dua sekaligus mengakhiri rangkaian acara Garda Pemuda NasDem di Samarinda yang dua hari sebelumnya telah melantik tiga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Garda Pemuda NasDem di Kalimtan Timur.(*)

Leave a Reply

%d bloggers like this: