News Detail

Cetak Rekor NasDem Sulut Perlu Jadi Model

Cetak Rekor NasDem Sulut Perlu Jadi Model

  • 16 Mei 2019
  • 287
  • DPP NasDem Hermawi Taslim



JAKARTA (16 Mei): Pemilu 2019 menjadi catatan penting untuk NasDem Sulawesi Utara (Sulut). Setelah KPU Sulut menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pileg  pada Selasa (14/5), NasDem diketahui menduduki peringkat kedua dengan 258.666 suara. 


"Ini menjadi catatan khusus bagi DPP NasDem karena prestasi NasDem Sulut terhitung luar biasa. Kami sedang usahakan capaian ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lain," kata Wasekjen NasDem Hermawi Taslim di Jakarta, Rabu (15/5).

Raihan suara NasDem di Sulut tersebut mengantar dua caleg NasDem untuk DPR RI menuju Senayan. Mereka adalah Felly Estelita Runtuwene yang meraih 76.577 suara dan Hillary Brigitha Lasut yang meraih 70.345 suara. 


Dengan dua calegnya yang lolos ke Senayan, NasDem Sulut telah menoreh prestasi mengingat pada Pemilu 2014, NasDem Sulut tidak bisa mengirim wakilnya ke DPR RI karena hanya meraih 69.618 suara.


"Yang mesti dicatat, dari dua caleg DPR RI NasDem Sulut ini bisa ke Senayan adalah karena seluruh caleg yang ada yaitu enam orang, bekerja mencari suara. Artinya, caleg dengan raihan suara terkecil yaitu mendapatkan 3.335 suara tetap memiliki kontribusi besar untuk meloloskan yang dua caleg itu," jelas Taslim berapi-api.

Prestasi lain yang boleh menjadi kebanggaan NasDem Sulut adalah berhasil mendudukkan sembilan kadernya sebagai  anggota DPRD Provinsi Sulut. Perolehan tersebut mengantar NasDem duduk sebagai Wakil Ketua I DPRD Sulut. Kesembilan kursi tersebut setelah mendapatkan suara 194.751 suara. 


Begitupun dengan perolehan kursi DPRD kabupaten/kota, NasDem berhasil mendudukkan wakilnya di seluruh kabupaten/kota yakni satu kota dan 14 kabupaten. 


"Tentu sebuah capaian yang luar biasa jika NasDem memiliki wakil di seluruh kabupaten/kota di Sulut. Prestasi ini tentu akan memuluskan agenda restorasi di Sulawesi Utara," tegas Taslim.

Tidak berhenti sampai di situ. Dari 15 kabupaten/kota  di Sulut,  NasDem bahkan berhasil menempati posisi pimpinan Dewan sebagai wakil ketua di sembilan kabupaten dan satu kota.  Kabupaten/kota tersebut adalah Manado, Kotamobagu, Bitung, Tomohon, Bolmong Timur, Talaud, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Sangihe dan Bolmong.


"Lonjakan prestasi NasDem Sulut perlu diapresiasi. Kerja, kerja dan kerja seluruh fungsionaris partai, caleg dan simpatisan memang harus terkonsolidasi dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal," tegas Taslim.(*)