News Detail

Kurangi Penggunaan Plastik, GP NasDem Sumut Kemas Daging Kurban Gunakan Besek

Kurangi Penggunaan Plastik, GP NasDem Sumut Kemas Daging Kurban Gunakan Besek

  • 13 Agustus 2019
  • 45
  • Garda Pemuda NasDem Sumut



MEDAN (13 Agustus): Dalam rangka mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah plastik, Garda Pemuda (GP) NasDem Sumatera Utara (Sumut) tidak menggunakan kantong plastik dalam mengemas daging kurban tahun ini.


Ketua Panitia Garda Pemuda NasDem Berkurban, T Azmir Syahputra, mengatakan penggunaan besek bambu sebagai kemasan daging kurban merupakan gerakan untuk mendukung penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik serta pelestarian lingkungan hidup.


"GP NasDem pada pelaksanaan kurban tahun ini sengaja menggunakan besek bambu sebagai upaya mendukung gerakan penggunaan bahan ramah lingkungan dan meminimalisasi penggunaan wadah plastik," kata dia di sela pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di halaman Sekretariat NasDem Provinsi Sumatera Utara, Minggu (11/8).

Sebagai organisasi kepemudaan, GP NasDem menurut T Azmir yang juga bergelar Pangeran Muda Kerajaan Panai ini, sangat fokus pada upaya pelestarian lingkungan.


Dia berharap derap langkah nyata GP NasDem dalam ikut mengurangi sampah plastik dan menjaga lingkungan dapat menjadi contoh bagi organisasi lain untuk ikut aktif dalam upaya dan kampanye meminimalisasi penggunaan wadah yang tidak ramah lingkungan.


"Gerakan penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan bagi GP NasDem tidak hanya sebatas wacana dan diskusi semata, namun GP NasDem langsung mempraktikkan penggunaan bahan ramah lingkungan melalui kegiatan kurban di Idul Adha tahun 1440 H ini," kata dia lagi.

Pada kesempatan yang sama, Plt Ketua GP NasDem Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu menambahkan bahwa kegiatan pemotongan hewan kurban telah menjadi agenda rutin untuk meningkatkan kesalehan sosial serta semangat berbagi bersama masyarakat.


"Kegiatan GP NasDem Sumut Ber-Qurban adalah kegiatan rutin. Jika pada tahun-tahun sebelumnya kita laksanakan di basis-basis Partai NasDem, maka untuk tahun ini, kita laksanakan di Kantor Partai NasDem agar warga sekitar kantor partai yang selama ini juga telah banyak bersinergi dengan program restorasi Partai NasDem juga merasakan kegembiraan pada hari kurban tahun ini," ungkap Defri.

Defri menerangkan kegiatan kurban GP NasDem mendapat dukungan penuh Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh yang  kali ini memotong sebanyak dua ekor sapi dan dibagikan kepada 250 warga sekitar kantor NasDem Sumatera Utara,  termasuk pengurus beserta sayap partai.


"Kegiatan rutin GP NasDem Sumatera Utara didukung penuh oleh Kakak Prananda Surya Paloh, Ketua Umum GP NasDem dan juga anggota DPR RI. Daging kurban disalurkan kepada 250 warga sekitar kantor Partai NasDem di Jalan Monginsidi Medan," kata Defri.

Masih kata Defri, selain sapi kurban yang berasal dari GP NasDem Sumut, sapi kurban dari Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi juga telah didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Mus/*)