News Detail

Jawab Tantangan Pertanian dengan Pasar Gagasan

Jawab Tantangan Pertanian dengan Pasar Gagasan

  • 10 November 2019
  • 84
  • DPP NasDem
  • Kongres II NasDem



JAKARTA (10 November): Kongres II Partai NasDem bukan hanya membahas soal-soal politik rumit. Sebagai partai modern yang menganut pilitical gagasan, NasDem di tengah kongresnya justru mengisinya dengan sejumlah pameran yang diharapkan menghadirkan solusi bagi masyarakat.

 
"Pada saat ini tidak ada partai politik yang menyelenggarakan kongres dan berusaha melengkapi dirinya dengan mencoba mendekatkan aplikasi kehidupan yang nyata dari tantangan bangsa ini," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kongres II NasDem, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11). 
 

Syahrul senang kongres menghadirkan Pasar Gagasan. Sejumlah inovasi dan pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipamerkan.


Salah satu inovasi yang turut dihadirkan ialah di bidang pertanian. Seperti, drone pengairan, drone sensor kesuburan tanah, internet of things manajemen panen, artificial intelligence perangkat pertanian, serta teknologi manajemen budidaya jamur.

 

Syahrul menyebut inovasi semacam ini penting. Dia yakin semakin banyak inovasi yang dibuat pertanian Indonesia makin baik.

 
"Eksistensi pengembangan pertanian memerlukan daya dukung teknologi," kata Syahrul.

Pada pembukaan Pasar Gagasan kemarin, selain dihadiri Ketua Umum Surya Paloh tampak hadir Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Wakil MPR RI dari NasDem Lestari Moerdijat, anggota DPR RI Fraksi NasDem Fadholi, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Siswono Yudhohusodo, Emmy Hafild dan Amelia Anggarini.(Medcom/*)