News Detail

Mengubah Gorontalo Jadi Lumbung Pangan Nasional

Mengubah Gorontalo Jadi Lumbung Pangan Nasional

  • 13 November 2019
  • 91
  • Fraksi NasDem
  • NasDem Gorontalo
  • Rachmad Gobel



JAKARTA (13 November): Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmad Gobel menyatakan akan berupaya membangkitkan lagi koperasi yang nilainya semakin memudar. Di dalam koperasi terdapat nilai-nilai mulia seperti musyawarah mufakat serta semangat bergotong royong.


Rachmad Gobel mengemukakan itu seusai menerima aspirasi masyarakat Gorontalo di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11). 


“Lewat koperasi saya ingin dorong perekonomian. Karena koperasi itu merupakan penjabaran daripada ekonomi Pancasila juga,” ujar Gobel.

Menurut politisi NasDem itu, koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang paling tepat untuk masyarakat. Sehingga program itu tidak boleh putus di tengah jalan atau pun gagal. Melalui koperasi, Gobel ingin mendorong terbentuknya industri pangan, baik tanaman padi maupun sayuran yang ada di daerah, khususnya di Gorontalo.


Masyarakat Gorontalo, lanjut Rachmad Gobel,  sekitar 70% merupakan petani yang seringkali berhadapan dengan masalah klasik di bidang pertanian seperti kelangkaan pupuk dan bibit saat musim tanam. Masalah seperti ini harus segera diatasi agar produk pertanian menjadi salah satu komoditi yang bisa dibanggakan.


“Kalau menjadi komoditas nasional, saya rasa belum bisa terpenuhi. Tapi paling tidak bisa menjadi salah satu lumbung pangan,” harap Gobel sambil menjelaskan bahwa lahan pertanian di Gorontalo sangat luas dan jika dikelola dengan baik, akan memberikan hasil dan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, Gobel yakin akan mampu mengentaskan kemiskinan di Gorontalo dari posisi lima besar di Indonesia, menjadi lima besar termakmur di Indonesia. Bukan tidak mungkin ke depannya Gorontalo akan menjadi salah satu lumbung pangan nasional. 


“Saya minta, kita harus memulai, seperti apa yang sudah kita canangkan. Kita harus bekerja, serta merumuskan langkah-langkah yang harus kita lakukan ke depan. Membangun kawasan Gorontalo sebagai kawasan ekonomi pariwisata harus kita wujudkan bersama,” pungkasnya.(dpr.go.id/es/*)