Badan Penyelenggara Haji Diminta Tingkatkan Kualitas Layanan Haji 2025
JAKARTA (13 Desember): Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Dini Rahmania, meminta Badan Penyelenggara Haji (BPH) meningkatkan kualitas layanan haji 2025.
“Optimalisasi pelayanan, fokus utama tetap pada kenyamanan, keamanan, dan kemudahan jamaah selama menjalankan ibadah haji,” ujar Dini, Jumat (13/12).
Legislator Partai NasDem dari Daerah Pemilihan Jawa Timur II (Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Pasuruan) itu mengungkapkan, kendati masih dalam tahap transisi kewenangan yang semula dikelola Kementerian Agama, BPH diharapkan mampu mengelola penyelenggaraan haji secara maksimal.
“Saya berharap Badan Penyelenggara Haji dapat menunjukkan transisi yang mulus dari Kementerian Agama dalam mengelola penyelenggaraan haji,” ungkap Dini.
Ia menjelaskan, BPH juga perlu meningkatkan koordinasi secara komprehensif agar persiapan penyelenggaraan haji 2025 dilakukan secara optimal. Terutama anggaran yang dikelola BPH patut dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan.
“Peningkatan koordinasi dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi, harus lebih efektif dan efisien. Mengingat besarnya dana haji, BPH harus mengelolanya secara transparan dan akuntabel,” jelas Dini.
Ning Dini, sapaan akrabnya, berharap BPH mampu adaptif dan melakukan inovasi dalam memberikan layanan kepada jemaah haji. Termasuk memanfaatkan digitalisasi dalam memberikan layanan secara teknis kepada jemaah.
“Inovasi pelayanan, memanfaatkan teknologi untuk mempercepat proses manasik, pengelolaan data jamaah, hingga komunikasi dengan petugas di lapangan,” kata dia.
Untuk itu, Ning Dini ingin memastikan adanya kolaborasi secara kolektif dari DPR, pemerintah, dan masyarakat agar penyelenggaraan haji 2025 dapat berjalan lancar.
“Saya yakin, dengan kolaborasi yang baik antara DPR, pemerintah, dan masyarakat, penyelenggaraan haji 2025 dapat berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Keberhasilan ini juga akan menjadi bukti konkret komitmen kita untuk melayani jamaah haji dengan sebaik-baiknya,” pungkas Dini.
(safa/*)