News Detail

NasDem Harus Bangun Citra sebagai Partai Inklusif

NasDem Harus Bangun Citra sebagai Partai Inklusif

  • 29 Maret 2021
  • 206
  • NasDem KalTim
  • Ahmad M Ali

SAMARINDA (29 Maret): Setiap kader NasDem diharapkan mampu membangun citra partai politik yang inklusif di tengah masyarakat. Hal tersebut ditempuh dengan cara memfungsikan kantor atau fasilitas partai untuk kepentingan publik.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad M Ali saat konferensi pers Rakorwil Partai NasDem Kalimantan Timur yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (27/3). 

“Kami mencoba membedah posisi Partai NasDem di tengah masyarakat. Kesimpulan kami, ke depan semua kantor Partai NasDem harus memiliki fasilitas publik. Kantor-kantor NasDem tidak bisa lagi punya pengurus, NasDem tidak bisa eksklusif, tetapi harus inklusif. Harus bisa menjawab dan mendengar,” ujar Ahmad Ali. 

Dalam setiap rakorwil, pengurus DPP Partai NasDem juga menyampaikan sikap politik serta target partai dalam menghadapi kontestasi politik Pileg 2024. Selain memposisikan diri sebagai partai inklusif, Partai NasDem juga bertekad memperkuat struktur internal partai dengan sistem keanggotaan yang terdata, mulai dari tingkat nasional hingga desa/kelurahan. 

“Insyaallah di 2021, paling tidak di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah tertancap bendera Partai NasDem. Sehingga, tahun 2022 ketika menghadapi verifikasi kita tidak lagi disibukkan dengan hal-hal itu,” tegas Ali. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mencanangkan tahapan Pemilu Serentak 2024 akan dimulai sejak 2022. Partai NasDem meresponsnya dengan memanaskan mesin partai sejak dini agar memasuki 2022 dapat mencurahkan seluruh energi untuk memenangkan kader maupun figur yang bertarung.  

“Ini harus dilaksanakan lebih awal karena 2024 nanti energi kita akan tercurah di pileg dan pilpres. Memenangkan NasDem dalam pileg, kemudian memenangkan pasangan pilpres yang didukung oleh NasDem,” imbuh Ali. 

Strategi memanaskan mesin partai sejak awal, dikatakan Ali, sejatinya datang dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ali menyampaikan pesan Surya Paloh, salah satunya adalah untuk mengonsolidasikan partai. 

“Pesan ketua umum adalah mengonsolidasikan partai, menjaga harapan masyarakat, menjaga soliditas, dan saling membesarkan hati sesama kader Partai NasDem,” tegas Legislator NasDem dari Sulawesi Tengah itu. (MI/*)