News Detail

Garnita Jember Gelar Webinar Digital UMKM

Garnita Jember Gelar Webinar Digital UMKM

  • 10 April 2021
  • 85
  • Garnita NasDem Jember
  • Aida Lutfiah

JEMBER (10 April): Garnita Malahayati NasDem Jember, Jawa Timur, menggelar Webinar dengan tajuk "Dengan Digital UMKM Lokal Go Internasional", Jum'at (9/4).  

Tema itu dipilih karena menurut Garnita Jember, UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi Indonesia. Berdasarkan data BPS 2018, jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 64,2 juta unit dan berkontribusi sebesar 60% dari total Produk Domestik Bruto (PDB). 

Pada Webinar tersebut, Garnita NasDem Jember melibatkan dua pemateri praktisi UMKM, yakni Helmy Zamrudiansyah anggota HIPMI Jember, Ketua Gradasi (Generasi Digital Indonesia) Jember, dan Tutuk Kurnia Wahyuningtias, pemilik Legendaris Koka, produk kopi. 

Dalam paparannya, Helmy mengatakan, saat ini penguasaan digital sangat penting untuk mempermudah pemasaran produk.

"Dengan menguasai dunia digital, sesungguhnya kita sudah menguasai lebih dari 50 persen pemasaran. Karena, untuk memasarkan lewat dunia digital, produk yang ingin kita sampaikan bisa langsung sampai ke tangan konsumen melalui gadget yang mereka pegang," kata Helmy.

Pemateri lainnya dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Konsumen Jember, Disperindag Jatim, Tri Soebijantoro.   

Menurut Tri Soebijantoro, perlindungan konsumen sangatlah penting untuk melindungi hak-hak mereka.

"Dengan begitu banyak produk-produk yang ditawarkan ke masyarakat, maka konsumen menjadi penting untuk dilindungi hak-haknya supaya masyarakat tidak tertipu. Karena banyaknya produk yang berseliweran di dunia digital, sangat mungkin masyarakat tertipu. Bisa karena iklannya yang menarik tapi produknya tidak sebagus iklannya. Nah, ini harus dilindungi," ujar Tri Soebijantoro.

Dengan dilangsungkannya webinar digital itu, Garnita NasDem Jember berharap pelaku UMKM bisa lebih kreatif lagi.

"Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan webinar ini kami harapkan pelaku UMKM selain kreatif juga bisa lebih eksis karena tahu cara memanfaatkan tren niaga go digital sebagaimana program Kementerian Koperasi dan UMKM," ujar Aida Lutfiah, Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem Jember. (Usni/*)