GP NasDem Sumut Bantu Masker untuk Polisi

GP NasDem Sumut Bantu Masker untuk Polisi

  • 07 April 2020
  • 4

MEDAN (30 Maret): Selain dokter dan paramedis, polisi merupakan salah satu garda depan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Karena itu polisi menjadi perhatian Garda Pemuda (GP) NasDem.

 

Ketua Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara (Sumut), Defri Noval Pasaribu didampingi Sekretaris Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation, Rudiansyah, pada Senin (30/3) menyerahkan bantuan masker kepada petugas kepolisian, di Mapolda Sumut. Bantuan masker itu diterima langsung Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin.


"Garda Pemuda NasDem Sumut dan PSP Foundation memandang bahwa di tengah pandemi virus Corona saat ini, proses penegakkan hukum harus tetap berjalan. Aparat kepolisian tidak dapat bekerja dari rumah tetapi harus mobil di lapangan. Sehingga kami melihat aparat kepolisian adalah salah satu komponen garda depan dalam pencegahan Covid 19," kata Defri kepada partainasdem.id. 

Menurut Defri, di tengah imbauan untuk bekerja dari rumah dan tidak ke luar rumah, hal tersebut tidak berlaku bagi aparat kepolisian.


"Bidang kerja aparat kepolisian tidak dapat dilakukan dari rumah. Contohnya  proses penegakan hukum, pelayanan dan pengaduan serta lalu lintas. Kepolisian harus turun langsung, tetap ke kantor, turun ke jalan dan lapangan. Sehingga di tengah pandemi Covid-19 ini, personil kepolisian harus diberi perlindungan yang memadai," tambahnya.

Dikatakan pula, bantuan masker yang diterima langsung oleh Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin itu sebanyak 2000 masker dan diharapkan dapat membantu personil kepolisian dalam melaksanakan tugas negara.


"Kami berharap bantuan ini, walau dalam jumlah yang belum memadai dapat dipergunakan oleh personil kepolisian dalam tugas-tugas penegakkan hukum dan menciptakan keamanan di tengah masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Defry didampingi Sekretaris Garda Pemuda NasDem, Rony Reynaldo, Bendahara Robby Hartono, Sekretaris PSP Foundation Rudiansyah, dan pengurus lainnya.


Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Garda Pemuda NasDem Sumut dan PSP Foundation yang telah begitu peduli pada kepolisian.


Diakuinya, bahwa bidang kerja polisi tidak memungkinkan untuk melaksanakan kerja dari rumah. Sehingga dalam situasi pandemi ini, personel polisi menjadi rentan karena berhadapan langsung dengan masyarakat yang dapat sudah berstatus orang dalam pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau malah positif terjangkit Covid-19.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Garda Pemuda NasDem Sumut dan PSP Foundation atas bantuan masker sebagai alat perlindungan diri bagi personil polisi dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. Jelas dukungan kepada kami membuat kami bersemangat dalam melaksanakan penegakan hukum dan memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata Martuani Sormin.

Selain membantu 2000 masker untuk digunakan sebagai Alat Pelindung Diri (ADP) bagi kepolisian, Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara dan PSP Foundation juga menyerahkan bantuan ke puskesmas di Jalan Denai, Medan, sejumlah 1000 masker, 1000 handscoon dan 20 liter hand sanitizer.


Sekretaris PSP Foundation, Rudiansyah mengatakan bahwa ADP yang diberikan ini adalah bentuk dukungan bagi para medis yang ada di puskesmas. 


"Petugas baik dokter maupun perawat di puskesmas adalah garda depan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun kadang kekurangan alat perlindungan dalam melayani masyarakat. Kami fokus membantu puskesmas selain rumah sakit," jelas Rudiansyah.

Kepala Puskesmas Tegal Sari Mandala Medan, Ernasari Hasibuan berterima kasih atas bantuan ADP dari Garda Pemuda NasDem Sumut dan PSP Foundation.


"Di tengah minimnya ADP bagi paramedis khususnya yang bertugas di puskesmas-puskesmas, bantuan dari Garda Pemuda NasDem dan PSP Foundation ini sangat berarti bagi kami," katan.(HH/*)
,