Yessy Ajak Masyarakat Sintang Konsumsi Ikan

Yessy Ajak Masyarakat Sintang Konsumsi Ikan

  • 12 Juni 2020
  • 20

SINTANG (12 Juni): Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GemarIkan) digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI bersama anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem dapil Kalimantan Barat II Yessy Melania. Acara berlangsung di Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (12/6).  

Yessy Melania berterima kasih kepada semua pihak, terutama KKP, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Sintang, Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Sintang serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Kecamatan Tempunak dengan terselenggarannya kegiatan GemarIkan untuk masyarakat Kabupaten Sintang. 

"Saya berharap, nilai dan makna kegiatan GemarIkan tidak hilang walapun digelar di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk atau respon pemerintah terhadap keadaan masyarakat terdampak Covid-19 yang kesulitan menjual produk lokal dan memasarkan produk lokal seperti olahan ikan," kata Yessy. 

Legislator NasDem itu juga menilai program GemarIkan merupakan respon pemerintah untuk memastikan masyarakat Indonesia tetap terpenuhi keseimbangan gizi (protein) meskipun di tengah pandemi Covid-19.

"Saya meminta dengan hormat kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Pak Edi Prabowo, supaya ke depan Kabupaten Sintang bisa difasilitasi sebagai daerah pengembangan komoditi perikanan. Sebab di Sintang juga memiliki potensi ikan lokal," pinta anggota DPR RI dari dapil Kalbar II itu. 

Tak hanya kepada Menteri KP, Yessy juga menitipkan pesan kepada masyarakat dan pemerintah daerah bahwa jangan menangkap ikan menggunakan racun, penyetruman.

"Upayakan menggunakan cara-cara yang alami dan baik agar keberlanjutan perikanan di Kabupaten Sintang bisa terus terjaga dan ada," harap Yessy.

Ditambahkan Srikandi NasDem Kalbar itu, beberapa potensi ikan lokal, seperti ikan semah, dan ikan baung memiliki nilai ekonomi dan gizi. Tentu ini bisa didorong untuk terus dikembangkan. 

Dalam kesempatan tersebut, Yessy bersama perwakilan KPP memberikan bantuan secara simbolis 500 paket berisi nugget ikan, ikan kaleng sarden, abon lele dan masker untuk masyarakat Kecamatan Tempunak

Direktur Usaha dan Investasi KKP, Catur Sarwanto menagatakan, GemarIkan merupakan program yang sangat baik, dan didukung Komisi IV DPR RI.  Dia mengaku sangat bersyukur meskipun di tengah pandemi, kegiatan GemarIkan masih bisa dilaksanakan dengan harus mengikuti protokol Kesehatan. 

"Hampir 30 persen masyarakat Indonesia mengalami stunting yang mempengaruhi kualitas SDM. Ikan memiliki protein yang sangat tinggi yang dapat membantu kecukupan gizi terutama untuk Ibu hamil, karena membantu pertumbuhan janin," papar Catur Sarwanto.

Ditambahkan Catur, kegiatan GemarIkan juga memberikan bantuan paket olahan ikan sebanyak 1000 paket di Kabupaten Sintang lewat kerja sama dengan Yessy Melania. Bantuan paket GemarIkan akan dibagikan kepada masyarakat di dua lokasi, Kecamatan Tempunak dan Sepauk Kabupaten Sintang.(*)

,