News Detail

Legislator NasDem Sidak Cek Kesiapan RS di Medan

Legislator NasDem Sidak Cek Kesiapan RS di Medan

  • 11 Mei 2021
  • 38
  • NasDem Sumut
  • Afif Abdillah

MEDAN (11 Mei): Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU), Bunda Thamrin, Royal Prima, dan RS Pirngadi Medan, Sumatera Utara (Sumut) mendapat kunjungan dari anggota DPRD setempat.

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, Dimas Tri Adji dan anggota DPRD Kota Medan, Sumut, dari Fraksi Partai NasDem, Afif Abdillah melakukan kunjungan tersebut dalam rangka inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah rumah sakit di Kota Medan. 

Pantauan wartawan di lapangan, sekitar pukul 20.30 WIB, Senin (10/5) rombongan Legislator NasDem tersebut tiba di Rumah Sakit USU. 

Dimas dan Afif didampingi Rudiansyah dan OK Fachru Hidayat, staf ahli anggota DPR-RI, Prananda Surya Paloh. Mereka menemui tim medis dan pihak management RS USU.

Wakil rakyat itu mengajukan sejumlah pertanyaan, di antaranya mengenai pelayanan hingga permasalahan dalam ruang lingkup penanganan pasien Covid-19.

Dari RS USU rombongan melanjutkan sidak ke RS Bunda Thamrin. Kembali menanyakan hal sama seputar pelayanan hingga permasalahan yang dihadapi. 

Dalam penanganan Covid-19, Dimas dan Afif menyempatkan diri berdiskusi dengan para perawat yang sedang bertugas malam. Setelah diskusi langsung melanjutkan sidak ke RS Royal Prima dan Pirngadi Medan. 

Dimas Tri Adji yang merupakan Ketua Komisi E DPRD Sumut mengatakan sidak itu dilakukan untuk melihat kesiapan rumah sakit yang ada di Medan dalam menghadapi peningkatan jumlah pasien Covid-19, terutama pasca lebaran nanti. 

Pasalnya, saat ini sejumlah rumah sakit mengaku mengalami peningkatan jumlah pasien rawat inap Covid-19. 

"Sengaja sidak kita lakukan malam ini untuk menghimpun informasi kesiapan fasilitas kesehatan dalam mengantisipasi kemungkinan lonjakan pasien Covid-19 pascalibur lebaran," ujar Legislator NasDem Sumut tersebut.

Dia juga menjelaskan temuan dari hasil sidak yang mereka lakukan dari setiap rumah sakit permasalahannya sama. Yakni, kurangnya tenaga kesehatan dan minimnya ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Ada dua hal yang sangat mendesak yang harus diantisipasi pemerintah, baik Pemprov Sumut maupun Pemko Medan. Pertama kurangnya tenaga kesehatan dan kedua minimnya ketersediaan tempat tidur pasien," tegas Dimas.

Afif Abdillah yang merupakan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kota Medan meminta agar pemerintah peka terhadap permasalahan yang dihadapi pihak rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19. 

"Beberapa permasalahan seperti kekurangan perawat dan peralatan kesehatan yang harus ditambah sebenarnya bisa ditangani pemerintah saat ini," ujar Afif.

Legislator Kota Medan itu mengatakan, akan mendorong pemerintah, baik Pemko Medan maupun Pemprov Sumut agar menggunakan dana tidak terduga untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi rumah sakit.

"Ada dana tidak terduga yang bisa digunakan pemerintah. Tolong digunakan agar bisa mendukung rumah sakit dalam menghadapi kemungkinan lonjakan pasien Covid-19 pasca libur lebaran nanti.

Afif juga meminta masyarakat agar tetap mengikuti imbauan pemerintah terkait larangan mudik pada libur lebaran.

"Kondisi ruangan rumah sakit saat ini 90 persen penuh. Mari sama sama kita jaga kesehatan diri dan keluarga kita. Jangan mudik dulu, jangan berkumpul-kumpul dulu dan tetaplah menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Afif berharap agar tidak terjadi peningkatan pasien Covid-19 pascalibur lebaran nanti, karena pastinya akan menjadi beban tambahan di rumah sakit. 

"Mudah-mudahan setelah lebaran nanti, kita bisa menekan angka Covid-19 agar kita bisa cepat kembali ke kehidupan normal," tutupnya. (Iyong/HH/*)