News Detail

Tindak Tegas Perusahaan Buang Limbah ke Sungai

Tindak Tegas Perusahaan Buang Limbah ke Sungai

  • 05 Juni 2021
  • 30
  • NasDem Jakarta
  • Wibi Andrino

JAKARTA (5 Juni): Masyarakat Ibu Kota diharapkan sadar akan pentingnya peran sungai yang ada di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup di Jakarta, Sabtu (5/6).

Menurut Wibi, penyebab banjir yang kerap melanda sebagian pemukiman warga di beberapa titik di Jakarta, lantaran peran sungai sebagai resapan air tidak berfungsi karena ulah masyarakat sendiri.

“Sungai itu sebagai daerah resapan air. Di pinggiran sungai itu seharusnya dijadikan lahan penghijauan, bukan lahan pemukiman,” ujarnya.

Kalau sudah dijadikan pemukiman, atau semakin menjamurnya bangunan untuk dihuni, sudah tentu sungai itu akan tercemar. Sebab, kata Legislator NasDem itu, bukan hal yang tidak mungkin jika masyarakat yang tinggal di sekitar sungai membuang sampah ke sungai.

“Itu kan menjadikan lingkungan tercemar. Limbah rumah tangga, limbah pabrik, itu kan jelas merusak lingkungan,” kata dia.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu menambahkan, perlu ada beberapa langkah konkret agar sungai di Jakarta tidak lagi tercemar, dan berfungsi sebagaimana mestinya. Menurut Wibi, perlu adanya normalisasi bantaran sungai. Kemudian, menindak perusahaan atau usaha yang membuang limbah ke sungai.

“Memberikan edukasi kepada masyarakat juga harus digalakkan, agar masyarakat sadar dan paham betul akan hal tersebut. Kita juga harus mengurangi penggunaan plastik,” pungkasnya.(RO/*)