News Detail

NasDem Sarankan Bansos Berkualitas untuk Veteran

NasDem Sarankan Bansos Berkualitas untuk Veteran

  • 30 Juni 2020
  • 17
  • DPP NasDem
  • Willy Aditya

JAKARTA (30 Juni): Pandemi Covid 19 telah berdampak besar terhadap pendapatan masyarakat. Belanja kebutuhan hidup harus dikeluarkan ekstra dalam situasi berbagai pembatasan. Kelompok rentan yang paling terdampak menjadi fokus bantuan pemerintah adalah mereka yang rentan terhadap kesehatan maupun ekonomi. 

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, menyampaikan bantuan terhadap kelompok rentan mutlak harus didahulukan. Dia menyoroti bantuan terhadap para veteran dan pasangannya. Menurut dia, bantuan sosial untuk para veteran dan janda veteran harus dilakukan pada semua level pemerintahan secara bahu membahu. 

“Veteran dan janda veteran ini sudah membaktikan dirinya kepada bangsa dan negara. Selayaknya mereka diberi perhatian lebih. Bantuan untuk mereka sedapat mungkin harus berkualitas untuk dapat menyokong kebutuhan hidupnya,” kata anggota anggota DPR RI dari NasDem tersebut. 

Legislator NasDem itu menambahkan, bantuan bagi para veteran dan janda veteran dapat diberikan dalam bentuk bantuan pangan maupun bantuan langsung tunai. Dengan cara demikian, tambah Willy, negara yang diperjuangkan oleh para veteran ini dirasakan kehadirannya. 

“Mau bansos pangan atau BLT yang terpenting adalah negara hadir membantu mereka. Jangan sampai kebijakan keuangan yang kemarin dikeluhkan Presiden karena ternyata tidak dimaksimalkan, justru berdampak langsung terhadap mereka yang rentan ini. Segera salurkan bantuan tunai yang lebih cepat, atau segera belanjakan agar aktivitas ekonomi juga segera berjalan. Menteri-menteri harus tanggap dan trengginas untuk ini,” tegasnya. 

Willy yang juga Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu mengingatkan bahwa kebijakan yang telah dilahirkan untuk menangani dampak pandemi Covid 19 harus benar-benar dimanfaatkan demi kepentingan keselamatan dan kesehatan warga. Kelambatan belanja pemerintah dan carut marutnya sasaran penerima bantuan sudah semestinya dapat menjadi bahan evaluasi untuk rencana aksi selanjutnya. 

“Dari praktek setelah kebijakan dilahirkan, pemerintah tentu sudah punya evaluasi. Ini harus segera diimplementasikan kembali perbaikannya. Jangan dibiarkan rakyat berada dalam situasi ketidakpastian. Kalau ada dana bantuan, segera cairkan dan salurkan secara tepat. Khusus terhadap veteran dan janda veteran saya minta ada perhatian khusus,” katanya.

Dia menambahkan kerja sama erat antara pemerintah daerah dan pusat harus terus terjalin dengan baik. Pemerintah daerah selayaknya dapat segera memperbaharui dan mengkonfirmasi data kelompok rentan yang semestinya menerima bantuan prioritas dari pemerintah. Pemerintah Pusat juga harus terbuka terhadap perubahan data situasi lapangan yang dilaporkan oleh pemerintah daerah. 

“Pemda harus proaktif memperbaharui data dan menyampaikannya kepada Pusat. Sebaliknya Pusat juga harus mudah menerima hal tersebut. Jangan karena hal-hal administratif malah membuat kacau dan akhirnya kelompok rentan jadi terbengkalai. Begitu pula halnya dengan para veteran dan janda veteran,” ucapnya. 

Willy menegaskan kerja sama erat dan saling percaya antara pemerintah daerah dan Pusat dan kesatupaduan menjadi kunci keberhasilan penanggulangan dampak Covid 19. Karena itu dia menekankan perlu adanya komunikasi yang terbuka dan koordinasi yang erat di antara semua level pemerintahan. 

“Semua level harus berkomunikasi terbuka dan saling koordinasi atas dasar rasa saling percaya dan gotong royong. Dari sana semua masalah dapat dibicarakan dan dicarikan solusi terbaiknya. Jangan seolah bergerak sendiri-sendiri untuk menangani dampak Covid 19 ini,” pungkasnya.(RO/*)