Catatan Kecil Mahasiwa ABN Partai NasDem

0

 

Oleh: Rusdi

Mahasiswa ABN utusan Kalimantan Tengah

 

Ijinkan saya mengawali Catatan Kecil saya ini dengan mengutip salah satu Ayat Al Qur’an Ar-Ra’d : 11, yang artinya: “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Q. S. [13] : 11. Ayat tersebut dengan gamblang mengajarkan kepada setiap Individu baik sebagai perorangan atau sekelompok orang yang terhimpun baik dalam komunitas kecil maupun besar seperti sebuah bangsa dan negara adalah untuk berubah harus dari dalam diri kita atau dari bangsa itu sendiri. Lalu apa Relevansinya antara ayat tersebut dengan ABN Partai NasDem?

Usaha/Ikhtiar adalah salah satu cara untuk merubah nasib suatu bangsa/kaum. Nah, ABN Partai NasDem didirikan adalah sebagai salah satu bentuk ikhtiar dari Partai NasDem untuk merubah keadaan bangsa ini. Melalui Pendidikan dan Pelatihan yang ada di ABN ini, diharapkan akan lahir calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kualitas, kapasitas, kapabilitas dan integritas serta rasa cinta tanah air yang tinggi kepada Bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Mungkin banyak yang pesimis dan memandang sebelah mata kehadiran ABN ini, dan itu Wajar. Karena ABN belum menghasilkan apa-apa. Bahwa mungkin output yang diharapkan dari para mahasiswa yang ke luar setelah pendidikan di sini selama 4 bulan dengan 48 Mata Kuliah itu terlalu naïf. Itu pun wajar menurut saya. Karena sekali lagi, ABN belum menghasilkan apa-apa. Tapi kemudian ada orang-orang atau sekelompok orang yang seperti ‘kebakaran jenggot’ atas kehadiran ABN ini.  Bahkan sampai dikatakan bahwa ABN harus diwaspadai dan dianggap berbahaya, itu yang aneh. Kenapa aneh? karena orang-orang seperti inilah yang harusnya di waspadai karena merekalah yang akan menghancurkan dan memecah belah bangsa ini.

Bagaimana bisa, ABN yang di resmikan oleh Presiden RI pada tanggal 16 Juli 2017 dan dihadiri para Pejabat Tinggi Negara, dari Para Menteri, Kapolri, Jaksa Agung serta undangan yang lainnya di anggap ingin menandingi TNI dan Polri. Dikatakannya bahwa Partai NasDem ingin mendirikan negara sendiri dengan membentuk Angkatan Bersenjata sendiri. Ini bertolak belakang dengan tujuan ABN Partai NasDem seperti yang saya sebutkan di atas tadi, yaitu ingin mempersiapkan anak-anak bangsa yang berkualitas, berkapasitas, mempunyai kapabilitas, dan integritas serta cinta tanah air untuk menjadi pemimpin bangsa ini ke depan.

Ada ungkapan yang cukup populer yang sudah sering kita dengar. Yaitu “Lebih baik menyalakan Lilin daripada mengutuk dalam kegelapan”. ABN Partai NasDem ini hanyalah satu lilin yang memberikan cahaya di tengah kondisi bangsa yang sedang tergerus oleh perpecahan yang akhir-akhir ini terjadi. Jika lilin ini terus dijaga maka Insya Allah akan terus menyala dan menyinari. Apabila ada lilin-Lilin lain yang dinyalakan oleh tokoh-tokoh atau anak bangsa yang lain yang peduli seperti yang di lakukan Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh ini, entah dalam bentuk apapun, itu akan lebih baik, karena semakin banyak Lilin yang menyala, maka semakin terang benderang masa depan bangsa ini.

 

Rusdi

Ketua DPD Partai NasDem Kota Palangka Raya/Mahasiswa ABN Partai NasDem utusan Kalimantan Tengah

Leave a Reply

%d bloggers like this: