Transkrip Pidato Ketua Fraksi Partai NasDem

0

 

oleh; Viktor Bungtilu Laiskodat

 

Baik saya tidak berpanjang untuk menyapa, saya akan mempergunakan apa yang dipakai oleh profesor, karena sudah profesor kita ikut saja itu, itu pasti baik. Saya menyapa bapak ibu saudara-saudara sekalian, yang saya hormati dan saya cintai.

Saya tidak mau pidato, saya hanya mau tanya. Pertanyaan saya begini, apakah di Kabupaten Kupang ini semua orang sudah minum air bersih dengan baik?….yang betul…betul ko sonde?…Apakah semua orang di Kabupaten Kupang sudah punya listrik di rumah? Betul?…betul ko sonde? Betul ada listrik semua?..ooo tidak ada listrik…ini omong betul ini betul orang rote atau betul orang timor?…Lanjut pertanyaan ketiga, apakah di kabupaten kupang ini ada sekolah yang sangat hebat luar biasa?…Belom ada?…Berarti belum merdeka dong?…Apakah di kabupaten kupang ini jalannya licin pakai aspal semua sampai katong jalan…apakah di amarasi sana jalan licin mau mati sampai jalan sapi saja…di ampoang sana jalan lancar semua ko?…pasti lancar..orang bupatinya dari sana ampoang bagian sana..lancar ko sonde?…pasti bohong…pasti lancar orang bupati dari sana kok…pasti bupati dari sana kalau tidak rata itu bagian dari kupang barat, semau, amarasi. Tapi kalau yang ampoang, pasti lancar…saya pastikan…pasti kali kali semua ada jembatan semua…saya tidak percaya orang bupatinya dari sana…tidak mungkin..

saya mau tanya dulu…ini kabupaten kupang ni anak anak dorang kalo sekolah itu semua bisa bayar semua ko?…bisa bayar uang sekolah sampai dengan kuliah?….tidak bisa…tidak bisa…bisa orang bupati kirim uang pulang kok…tidak mungkin…tidak mungkin…karena bupati kirim pulang uang ti kambali jakarta pak johnny tadi omong berjuang buat uang buat saluruh kabupaten antara lain kabupaten kupang pak bupati kirim pulang…jadi berarti semua sejahtera di kabupaten kupang…jangan bohong dong…batul…haaa…ini yang mana yang bohong ini bupati atau disini…yang di ten ini yang bohong ini…yang batul yang mana pak bupatinya yang tidak jujur atau yang disini yang tidak jujur….saya pun tanya Cuma itu dua itu….jawab…pak bupati tidak jujur kirim pulang uang atau memang tidak bisa pakai…apa…tidak bisa pake…kasih sama beta biar beta pake…haaa.

Pertanyaan pertanyaan tadi itu…itu menjawab semua…jadi saya tidak boleh pidato lagi…air bersih tidak ada…jalan lumpur masuk lumpurmbuka masuk semua…jalan tak salah kalau tidur masuk didalam got mati semua….kali banyak kalau ujan tidak lewat tunggu dulu kalinya surut…yang gini berlaku di daerah lain…tidak ada di kabupaten kupang bagian belaugama, naikliu…jadi kita hari ini putus…dukung yang namanya pak Korinus Masneno dengan Pak Jerry manafe…kita dukung tidak main-main…kita kerja serius betul…tapi kalau mereka berdua bodoh seperti yang kemaren saya ajak kita semua di dalam ten ini…minimal yang didalam ten ini saja…siap…kita tempeleng sama dong…kita siap…nanti kalau be ajak tempeleng bupati barurusan sama nanti…kenapa kita dukung mereka supaya pelan pelan kabupaten kupang itu lihat cahaya kehidupan.

Saya ini dengan pak johnny bisa kasih turun uang untuk kabupaten kupang saja infrastruktur bisa saja tahun ini kita bisa turunkan 100milyar…bisa…tetapi tidak bisa dipakai…nanti dia pasti kembali…jadi tunggu ko yang bisa pakai baru kasih turun…kasih turun uang ini…katong bakalahi setengah mati di pusat…lalu datang sonde bisa pakai ko dibawa pulang lai..hehkarena itu…harus…kita sudah janji ooo… pak masneno dengan pak manafe…nanti beta ajak senang ke (tidak jelas)….kalo kerja su betul…beta ini bukan janji omong kosong ooo…tapi beta bisa bikin batul na…kerja baik buat kabupaten kupang…berikan yang terbaik…rakyat su capek su muak…main tunggu tunggu tunggu tunggu mati muncul lagi datang dia tunggu tunggu tunggu mati muncul lagi tunggu tunggu tunggu mati…mati teros sonde ada yang muncul….kita tidak mau pemimpin yang hanya naik makan minum tapi setengah rakyatnya mati.

Ada satu teori kesejahteraan yang katanya begini…untuk membuat orang miskin hilang dan supaya semua tempat itu kaya matikan semua orang miskin…maka sisa tinggal yang kaya saja…maka pertumbuhan ekonomi yang tadi pak Johnny omong itu cepat sekali kita naik…jadi cepat atau tidak bupati tidak usah kerja kumpul orang bunuh yang miskin kasi mati …terus mati…lalu dia pidato sisa yang kaya saja saya berhasil…yang pingin yang itu ko…pikir yang begitu ko…tidak…tidak…menurut saya bupati yang duduk diam kayak setengah orang mati itu dia sama saja seperti analogi ataupun contoh yang tadi beta sebut tadi….dia setengah orang mati…kita tidak bisa hidup seperti itu….

Jaman dulu kabupaten kupang itu…tempat makanan…dari ampoang sana kalau mau bangun  rumah itu dorang tukar sapi dengan seng…kalau dulu beta masih sd smp jadi beta ingat itu…pi kerja di toko toko kalo datang orang ke ampoang bapak saya mau tukar seng dengan sapi bisa toh…wih hebat berarti ni orang…sapi punya banyak lae…sakarang…ekspor ekspor sampe dia pun anak kici ekspor buang..sangking tidak ada sapi….amarsai itu tempat makanan penuh disana…ada yang namanya pinang kelapa pisang papaya makan (bahasa daerah) kalau datang ka amarasi…sekarang setelah (nama orang tidak jelas) mati sekian lama…tidak ada lagi pemimpin yang ajak tuk bangun ko tanam baek baek lalu mereka makan buang sapi abis semua dong jo su berat semua…jadi beta rasa sekarang so amarasi juga susah pelan pelan…bukan lagi orang yang punya makan yang cukup…beta rasa nanti lama-lama makan sirih pinang pun dorang beli di pasar…su beli di pasar…su beli di pasar…basong mati sa lebih baik…

Ini berarti bupati dengan wakil bupati harus kerja berat…saya titip begini kalau tuhan perkenankan dan rakyat kabupaten kupang berkenan…bapak badua jangan bakalahi  proyek…jan bakalahi duduk kapala dinas…cari yang terbaik…yang bisa kerja…jangan bilang su duduk begini bupati…memang bupati tu cadangan…wakil bupati maaf wakil bupati tu cadangan…wakil bupati jan kepengan menjadi bupati pada saat dia jadi wakil…saya kasih nasehat sebelum katong rang jadi…kenapa wakil bupati tu cadangan…karena penting sekali wakil kepemimpinan…jadi kalo ada apa-apa terjadi bupati…tidak bisa kita pilih lagi su ada memang pemimpin ganti…jadi itu wakil bupati mengikuti seluruh cara berpikir dan gerak dari pada pemimpin…diah hanya mengantisipasi kekeliruan kekeliruan yang terjadi..

Sangking pentingnya kepemimpinan di kabupaten kupang sehingga bupati harus di dampingi oleh seseorang kalau tiba-tiba dia ada apa…mana tau hidup ini kita mana tau…jalan jalan ta kuju lai jantung mati…motor tabrak mati baru lewat begini (tidak jelas)…bupatinya mati tidak bingung…wakil bupati sudah paham…dia mengerti cara berpikir bupatinya dan cara bertindak bupatinya sehingga dia tau langsung diambil langsung jalan…jadi menjadi serep itu bukan ban serep…serep itu maksudnya dia siap-siap…jaga jaga jangan sampai ada kondisi terburuk…bukan dia bikin kondisi terburuk buat bupati…itu yang tidak boleh…sekarang saya ni heran…orang mau cari wakil cari wakil yang lemah lemah dong supaya jangan lawan denga katong…cari yang kuat supaya dia jagabeta begitu baek.

Pemimpin tu harus percaya diri…jangan sonde percaya diri mau cari yang lemah lemah…lemah lemah lemah lembut lama lama semua lemah lembut lemah lunglai tidur semua di kabupaten sana…karena itu…semua hari ini kita berkumpul disini…tadi kita juga su dengar…kenap pak Jacky Uly…saya ju mau jadi gubernur…tapi saya lihat lihat memang pak Jacky Uly memang lebih pas…dari partai NasDem…kenapa…saya mau kasih tau ini orang timor.

Begini…ini negara bukan hanya orang timor saja…ini negara ini yang nanti kasih keputusan dari jakarta…saat ini negara seperti apa yang disampaikan tadi oleh Pak jacky…pak johnny plate…ini negara sekarang dorang ada mau bikin satu negara lae…kelompok-kelompok ekstrimis ini ada mau bikin satu negara lagi dong tidak mau negara NKRI…dong mau ganti dia punya nama negara khilafah…negara khilafah itu berarti sonde ada NKRI..siapa yang su sunat disini…kalau beta tanya sodara jawab…yang susunat siapa disini yang su sunat…semua su sunat…dan amarasi (bahasa daerah dan tidak jelas) amarasi su sunat ko belum…haaa…mau sunat ko…su tua jadi sonde bisa sunat…barang su tua potong kulit saja.

Begini…jadi ada katong punya anak-anak sebangsa dan setanah air yang lagi keliru…mereka mau coba tidak berhasil di suriah…tidak berhasil di irak…mereka tokoh itu dorang punya datang ke indonesia…ini negara mo perang…mo perang ko…suka perang ko…mau seperti suriah sana katong perang antara kita sesama angkat tembak batembak ko…mau…maka pembangunan tidak jalan.

Ada sebagian kelompok ini yang hari ini mau bikin negara khilafah…dan celakanya…partai partai pendukungnya itu ada di NTT juga…yang dukung supaya ini kelompok ekstrimis ini tumbuh di NTT Partai nomor satu gerindra…partai nomor dua itu namanya demokrat…partai nomor tiga namanya pks…partai nomor empat namanya pan…haa..catat baik baik tu partai…kalau ada di sini hari ini tolong kaluar saja pindah sa keluar ke partai lain yang ada bukan ke partai sana.

Ini saya bukan omong supaya bikin susah orang…situasi nasional ini partai mendukung pada kaum intoleran…intoleran tau na arti intoleran…yang dong sonde suka orang laen…dong sonde suka agama lain..dong mau dong pu agama sa…dong mau dong pu diri sa…dong maun dong pu suku sa…dong mau dong pu bangsa sa…mau bagitu hidup bisa ko…bisa ko…haa sonde bisa jan tusuk tusuk tu orang yang ada itu partai partai…saumpama bilang siapa omong bilang viktor laiskodat yang omong…biar(tidak jelas)…tadi saya di kota sana ada ibu dari gerindra datang ke saya bilang ibu pantas untuk keluar dari itu partai sa…karena partai apa yang mendukung kaum ekstrimis dan intoleran di idnonesia…kita tidak mendukung manusia manusia  seperti itu…kita pernah punya sejarah…mati banyak karena pki…masa kita ulang lagi sekarang kayak begini.

Jadi catat baik baik…yang calon bupati calon gubernur…calon dpr yang dari partai yang tadi beta sebut…kalau tusuk itu harus tusuk tunggu untuk siapa yang pilih itu maksudnya pilih supaya ganti negara khilafah…mengerti negara khilafah…semua wajib sholat…sonde boleh ada lagi gereja…mangarti…mangarti…negara khilafah tidak boleh ada perbedaan… semua harus sholat…itu begitu…ini bukan masalah agama…ini mereka salah paham tentang agama…maka ini orang-orang kalau beragama tu biasa sesat…dulu kalau hal lain sembah batang kayu (bahasa daerah)…zaman dulu saya punya nenek moyang kalau sembayang sembah di batang kayu dong sembah…..ini sonde ada gambar orang bakalahi setangah mati.

Perang di suriah sonde cukup bawa ke irak…perang di irak tidak cukup bawa ke indonesia…nanti kalau di indonesia tidak cukup dorang bawa kemana…tapi kita su ancur semua macam suriah di irak…kita tidak mau di indonesia seperti itu…jangan pernah kita mau…kita mau di indonesia ini sholat boleh…orang muslim datang ke orang kristen punya rumah pinjam untuk sholat dia kasih…mari ko sholat…saya siapkan waktu siapkan ruang…itu namanya toleransi antara anak bangsa…orang kristen datang di orang muslim punya rumah ada puasa…orang kristen bilang beta musti makan siapin makan…itu toleransi…bukan larang warung yang buka…orang mau bajual cari uang bagaimana caranya ekonomi mati semua.

Itu yang kita perlu hari ini…tidak ada lagi rasa hormat kita antara sesama anak bangsa kita…makanya saya bilang yang namanya toleransi itu…orang utuh dalam dirinya…dia tidak masalah dalam perbedaan itu…you mau sembahyang silahkan you sembahyang…you mau berdoa sepuluh waktu terserah…you mau bateriak silahkan…you mau sujud silahkan…gak ada masalah selama orang menyembah tuhannya…gak ada masalah…yang masalah kalau lu mempergunakan kekuasaan itu untuk menindas yang lain…itu yang salah…nah sekarang ini yang keliru keliru begitu mulai banyak…dan di NTT ini kalau tidak siap kita sebagai benteng keragaman itu…kebhinekaan itu harus tumbuh di NTT.

Kita tidak ada masalah tentang agama agama…siapapun yang beragama datang ke kita tidak ada masalah…kita bebas untuk itu…dan saya pastikan kepada calon gubernur maupun calon bupati dan wakil bupati…harus orang-orang yang hidup di kabupaten kupang ini baik dia muslim baik dia katolik, baik dia protestan, hindu, budha maupun tidak beragama sekalipun…mereka harus dilindungi sebagai warga negara indonesia…karena itu yang kita cita-citakan…negara ini berdiri bukan berdasarkan negara agama…negara bangsa yang menghormati seluruh perbedaan baik dia punya keriting ko…dia hitam ko…dia putih ko…dia balau atau dia punya agamanya apa kita sama satu bangsa…sepenanggungan merasa ditindas oleh kaum penjajah dan hari ini kita menyatukan seluruh energi untuk kemerdekaan itu.

Karena itu catat memang…saya tidak provokasi…tapi orang timur yang sonde mau itu berarti tunggu nanti negara hilang…kita bunuh pertama mereka sebelum kita dibunuh…ingat dulu PKI 1965…mereka tidak berhasil kita yang eksekusi mereka…saya ini rasa kalau mereka berhasil mereka yang eksekusi kita…jadi pulang kampung kau bilang baik baik…ini partai dong tolong jangan lu bawa datang tu partai….sapa yang omong…Viktor laiskodat…nah suruh dorang tanya sama saya…kalau dia tanya sa saya saya bilang ha lu telpon lu punya ketua umum tu disana suruh jangan tolak tolak itu perpu yang melarang untuk perpu nomor 2 tahun 2017 yang melarang ormas ormas yang intoleranyang mengajak orang utnuk mendirikan ataupun membuat sebuah ideologi baru pengganti pancaslia.

Kita suruh telpon dulu..kalo dorang su barubah baru kamu dukung…kalau tidak barubah biar pergi ka laut sa….ini oni ada duduk disini oni dari partai apa oni…haa ini oni…oni taomes…kenal oni tamoes ko…kalau dia masih di gerindra jan pilih sa dia.

Sebagai kakak saya ingatkan sa. Politik yang dipergunakan untuk kepentingan pragmatis dalam rangka memperoleh kekuasaan dengan cara-cara yang tidak etis…juga cenderung menjual nilai nilai kebangsaan…NTT tidak cocok untuk itu…NTT tidak cocok dengan partai partai seperti itu…kita hormat dengan partai partai yang duduk berdiri sama tinggi dalam semua keragaman itu…kita cinta itu…karena itu sebagai kakak saya bilang…lebih baik kau keluar sudah…karena ahok biar ahok punya penderitaan saja jangan sampai kita punya penderitaan ikut ikut…ahok sudah menderita jangan kita ikut juga menderita…biar ahok yang pikul saja…itu menjadi catatan buat kita…dan kita akan maju kita akan lawan setiap orang yang ingin merubah negara kesatuan dan pancasila sebagai ideologi negara…sekian dan terima kasih.

Kabupaten Kupang, 01 Agustus 2017

Share.

Leave a Reply