Sahabat Lestari Bagikan Hand Sanitizer di Tiga Pasar Tradisional

Sahabat Lestari Bagikan Hand Sanitizer di Tiga Pasar Tradisional

  • 31 Mei 2020
  • 5

DEMAK (30 Mei): Meningkatnya kasus penyebaran Covid-19 dan perlunya langkah pencegahan, anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II yang juga Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat kembali membagikan hand sanitizer kepada masyarakat dalam serangkaian kegiatan di Kabupaten Jepara, Kudus, dan Demak, Jawa Tengah, Kamis (28/5).

Pembagian hand sanitizer tersebut dilakukan melalui Sahabat Lestari. Koordinator pelaksana Sahabat Lestari, Reza Sarsito mengatakan, komunitas Sahabat Lestari membagikan hand sanitizer ke pasar tradisional sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kami berikan hand sanitizer agar masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dan terhindar dari virus corona di masa pandemi. Apalagi ditemukan beberapa kluster penularan Covid-19 yang teridentifikasi bersumber dari pasar tradisional," ujar Reza Sarsito, di Pasar Ratu, Jepara.

Sahabat Lestari juga mengimbau masyarakat tetap rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

"Saat melakukan aktivitas seperti pegang uang, pegang benda kotor atau berpotensi menyebarkan virus, jangan lupa cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik. Sedangkan hand sanitizer hanya digunakan saat tidak ada air dan sabun," kata Reza.

Ia menyebutkan, hand sanitizer diberikan kepada pembeli dan pengunjung pasar dengan menggunakan standar protokol kesehatan

"Untuk itu kami memberikan 350 botol hand sanitizer sebagai alat pelindung diri kepada orang-orang yang berkegiatan di pasar, baik pedagang, pengunjung maupun petugas kebersihan pasar," tambah Reza Sarsito. 

Diketahui, pembagian dilakukan di tiga pasar tradisional yakni Pasar Bintoro Kabupaten Demak, Pasar Kliwon Kabupaten Kudus, dan Pasar Ratu Jepara.(HH/*)

,