News Detail

Menteri Agraria Puji Tata Ruang Jawa Timur

Menteri Agraria Puji Tata Ruang Jawa Timur

  • 09 April 2016
  • 31
SURABAYA (9 April): Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan memuji tata ruang wilayah Jawa Timur yang konsisten terhadap yang direncanakan dan dilakukan.

"Di provinsi ini (Jawa Timur), semua lahan dan tanah ada manfaatnya. Ini bukti konsistensi gubernur dalam merumuskan kebijakan tata ruang dengan pelaksanaannya sama," ujarnya di sela Peresmian Galeri Tata Ruang dan Pertanahan di Gedung Bappeda Jatim di Surabaya, Sabtu (9/4).

Menurut Ferry, tata ruang wilayah merupakan hal penting dalam proses pembangunan dan mempunyai nilai dasar dalam mengambil kebijakan di kementerian.

Selain itu, lanjut dia, tata ruang merupakan sebuah harmoni luar biasa untuk menjaga keseimbangan antara alam dan kecerdasan manusia.

"Jangan dilupakan bahwa Bappeda mempunyai peran penting dalam mewujudkan tata ruang sesuai perencanaan yang telah diambil," ucap politisi Partai NasDem tersebut.

Gubernur Jatim Soekarwo menyampaikan bahwa di 38 pemkot/pemkab se-Jatim telah menetapkan Rencana Tata Ruang Wilayah menjadi Peraturan Daerah.

Kesiapan Jatim dalam rangka pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang, kata dia, pihaknya telah menetapkan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 80 tentang Pemanfaatan Ruang Pada Kawasan Pengendalian Ketat Skala Regional di Jatim.

"Hal tersebut sebagai pedoman izin pemanfaatan ruang, khususnya di kawasan pengendalian ketat di Jatim," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya. (Ant/OL-2)